Breaking News

Penyadaran Warga Akan Keberadaan Bank Sampah


KAB. MALANG - Kondisi pengelolaan sampah di sejumlah desa di Kabupaten Malang sebagian diantaranya memang membutuhkan perhatian lebih serius.

Di Desa Argosari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, merupakan satu diantara beberapa desa lainnya yang harus mendapatkan pembenahan. Baik dari kondisi kesadaran masyarakatnya, hingga sistem dari pengelolaan sampah yang belum memadai.

Dari situlah, sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam KKN 35 mengabdikan diri kepada masyarakat Desa Argosari selama 1 bulan.

Terkait dengan pengelolaan sampah, KKN 35 mencanangkan sosialisasi tentang keberadaan Bank Sampah di desa tersebut pada hari Rabu (10/8/2016).

Menurut Koordinator Desa KKN 35, Mufti, menyampaikan bahwa sosialisasi mengenai Bank Sampah ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai kesadaran dalam mengelola sampah. Mulai dari pemilahan, hingga pada akhirnya bisa menjadi uang.

"Kami harapkan untuk warganya untuk legalisasi bank sampah, agar warga ikut aktif di dalamnya." ujar Mufti.

Bank Sampah Tingkatkan Perekonomian

Sementara itu, menurut Kepala Divisi Sosial Budaya KKN 35, Riska Novitasari, dengan pemahaman warga bahwa Bank Sampah bisa menjadi fasilitas merubah sampah menjadi uang, diharapkan sekaligus mampu meningkatkan perekonomian warga Desa Argosari.

"Secara tidak langsung perekonomian warga akan terangkat dengan cara sampah yang dimanfaatkan dan bernilai jual." katanya.

Desa Argosari Minim Fasilitas Pengelolaan Sampah

Berdasarkan survei kelompok KKN 35 UMM, sarana pengelolaan sampah di Desa Argosari bisa dikatakan hampir tidak ada. Diantaranya tidak ada tempat pembuangan sampah terpusat, petugas pengangkut sampah, dan fasilitas daur ulang.

Selama ini, sampah yang dihasilkan warga berakhir pada proses pembakaran tanpa ada upaya pemilahan sampah. Upaya tersebut diakui akan berpotensi memberikan dampak negatif yang lebih buruk.

Akhirnya, Bank Sampah Desa Argosari Diresmikan

Dengan melibatkan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, serta Ngalam Waste Bank, bank sampah di Desa Argosari yang awalnya kurang begitu maksimal mendapat revitaslisasi dengan memotivasi kembali warganya tentang bank sampah.

Dan sejak diresmikannya bank sampah di Desa Argosari, rupanya warga kembali tergugah, dan mulai tahu dalam memperlakukan sampah yang mereka hasilkan. [jul/sya]

No comments

Silahkan tinggalkan kesan Anda setelah membaca www.malangartchannel.com